K O M U N I K A S I M A S S A
Presented by;
Asep
Jauharuddin Elhas
Definisi Komunikasi Massa
Bittner (dalam Rahmat, 2005: 186) ”Komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang”.
Rodman (2006) menyebutkan bahwa komunikasi massa terdiri dari pesan-pesan termediasi
(mediated messages) yang disiarkan kepada publik
yang besar dan tersebar.
Karakteristik
Komunikasi Massa
•Komunikator terlembagakan
•Pesan bersifat umum
•Komunikannya anonym dan heterogen
•Media
massa menimbulkan keserempakan
•Komunikasi mengutamakan isi ketimbang hubungan
•Komunikasi bersifat satu arah
•Stimulasi alat indra terbatas
Umpan balik tertunda dan tidak langsungKomunikasi Intrapersonal
Intra menurut bahasa artinya di dalam.
Komunikasi
Intrapersonal adalah komunikasi yang terjadi di dalam diri seseorang dengan dirinya pribadi, sehingga pada saat itu dia sedang terlibat aktif dalam memproses balik (feedback) informasi-informasi yang ada pada dirinya.
Contoh dari komunikasi intrapersonal adalah berimajinasi, berkhayal, berdoa dan bersyukur.
Komunikasi Interpersonal
inter menurut bahasa memiliki arti di luar.
Komunikasi
Interpersonal adalah komunikasi yang terjadi antara seseorang dengan luar dirinya. Sehingga untuk mendapatkan feedback, harus ada pihak lain (orang lain) yang terlibat aktif dalam komunikasi ini.
Contoh dari komunikasi interpersonal adalah wawancara, pidato, mengobrol dan mengajar.
Komunikasi Media
Komunikasi
Media adalah komunikasi yang melalui perantara dalam penyampaian informasi dari
komunikator kepada komunikate dan bertujuan untuk efesiensi penyebaran
informasi atau pesan tersebut
(Burgon dan Huffner,
2002)
(disalin dari dokumentasi power point materi kuliah Komunikasi Massa)
No comments :
Post a Comment