Blog Berbagi Informasi

Wednesday, 25 December 2013

Modul II Jurnalistik Komunikasi

No comments :

Jurnalistik & Komunikasi
  • Jurnalistik merupakan elemen yang memiliki kekuatan komunikasi
  • Membuat masyarakat lebih mudah dalam memperoleh informasi
  • Jurnalistik & komunikasi memiliki peran yang sama

Unsur Pokok Jurnalistik & Komunikasi
  • Sumber --- tidak ada informasi tanpa  sumber
  • Pesan --- berisi informasi dan mengacu pada apa yg perlu diketahui publik
  • Tujuan – memberikan persepsi dan kesan publik

Diagram Unsur Pokok Jurnalistik & Komunikasi


Posisi Jurnalistik secara konseptual (Ana Nadhya Abrar)
  • Media Komunikasi
  • Lembaga sosial
  • Produk informasi (berita)
  • Lembaga ekonomi
Posisi
Aktivitas
Fungsi
Tujuan
Kewajiban
Muatan
Isi
Media
Komunikasi
Menyalurkan
informasi dari
warga ke
warga, dari
negara ke
warga dan dari
warga ke negara
Mediator
Menyeimbang-
kan arus
informasi
Tidak
berpihak
Faktual
Lembaga
Sosial
Memberdaya-
Kan umum
Mengawasi,
advokasi,me
mimpin
opini Publik,
mendidik,
mewariskan nilai
Mencerdaskan
umum,
membela yg
tertindas,
mengingatkan
yg berkuasa, &
Mengemba-
ngkan opini publik
Utamakan 
kepentingan
publik
Faktual
Produk
Informasi
Rekonstruksi
Kejadian &
ide
Sedia
informasi
Menghilangkan
kecemasan
informasi
Layani hak
mengetahui yg dimiliki
publik,layani
hak nyatakan
Pendapat
Faktual
Lembaga
Ekonomi
Melayani
pemasang
iklan
Menghibur

Jadikan
 pers sbg
industri
Melayani
keinginan
umum
Faktual &
fiksi

Fungsi Jurnalistik (Fraser Bond)
  1. To Inform – sarana penyampaian informasi berupa fakta & peristiwa
  2. To Interpret – sarana memberikan tafsiran thd fakta & peristiwa
  3. To Guide – mengarahkan / memberi petunjuk menyikapi fakta & peristiwa
  4. To Entertain – bersifat menghibur, yg menyegarkan & menyenangkan pembaca
  5. To Educate – mendidik &menanamkan nilai/norma sosial
  6. To Mediate – alat mediasi/penghubung dlm mempertemukan ketidaksepahaman thd fakta & peristiwa
  7. To Promote – mempromosikan keunggulan/kelebihan produk agar dpt dipahami secara proporsional oleh publik
  8. To Influence – memengaruhi pendapat & pikiran org lain ttg fakta & peristiwa
Ruang Lingkup Jurnalistik
  • News (berita) – Straight News & Feature News
-   Faktual, akurat, objektif, penting, menarik perhatian – layak
-   Di buat oleh wartawan
  • Views ( ulasan/opini)
- Tulisan berdasarkan sudut pandang penulis
-  Sifatnya subjektif

Jurnalistik & Komunikasi di Era Milineum
  • Membawa misi melayani ‘keinginan’ informasi masyarakat 
  •  Bukan lagi untuk memenuhi kebutuhan
  • Orientasinya pada what do you want?, bukan what do you need?
  •  Kehadirannya utk mengikis ketiadaan informasi

Ciri Jurnalistik & Komunikasi di Era Milenium 
  •  Transparan 
  •  Publik menjadi alasan mendasar dalam memenuhi fungsi dan perannya
  • Alat untuk mempersuasi publik tentang suatu fakta atau opini

Perkembangan Jurnalistik & Media Massa
  • Reformasi 1998, jurnalistik mencapai puncak kebebasannya  
  • Pencabutan dua Peraturan Menteri Penerangan pada 5 Juni 1998 – tanpa SIUPP (Surat Izin Usaha Penerbitan Pers)
  • Jurnalistik berkembang menjadi industri – ribuan yg tumbuh
  • Jurnalistik akan selalu ada selama masih ada interaksi antarmanusia
  • Jurnalistik akan selalu mendampingi kehidupan manusia
  • Peran sosial pers sebagai abdi masyarakat
ž  Satu dekade sejak reformasi, media cetak tumbuh hingga 161 %
ž  Belanja iklan juga tumbuh
ž  Data AGB Nielsen:
                Belanja iklan di media pada tengah tahun pertama 2011: Rp 33,4 T (naik 17 %)
ž  Pertumbuhan belanja iklan surat kabar lebih tinggi dibandingkan TV, majalah/tabloid
                TV (Rp 20,5 T/16% --- 35%)
                Tabloid/majalah (Rp 997 M/7% --- 16%)
                Surat kabar (Rp 11,8 T/19% -- 21%)
ž  Porsi belanja iklan -- TV (61%), Surat kabar (36%), Majalah/Tabloid (3%)
ž  Belanja iklan terbesar dari kelompok telekomunikasi (Rp 2,6 T)
 
Bpk. Mohammad Akbar
(disalin dari dokumen power point materi kuliah Teknik Penulisan & Peliputan Berita Surat Kabar)

No comments :

Post a Comment